Tuesday 28 January 2014

Custom email domain TLD dengan Gmail

Info Berita Terhangat, Custom email domain TLD dengan GmailBeberapa hari yang lalu, google secara resmi menutup layanan Free Google Apps. Bagi sebagian orang ini sangat mengecewakan. Betapa tidak, Gmail sangat handal dalam pengelolaan arsip emailautoforwarding,send mail as, serta fitur-fitur unggulan yang lain terasa semakin sempurna dengan kebebasan menggunakan domain sendiri, dan sekarang penggunanya harus membayar $5/bulan.
Ada banyak hal yang mendorong kita memanfaatkan Google Apps yang menawarkan fasilitas Google dengan custom domain, seperti agar alamat email lebih elegan, meningkatkan kinerja secara kolaboratif, atau hanya sekedar agar kita dapat mendaftarkan nama account yang sudah tidak lagi dapat didaftarkan karena pernah terhapus.
Walaupun demikian, kita masih dapat menikmati Gmail gratis dengan fitur yang sama, termasuk iklan yang saat ini tidak terdapat dalam Google Apps berbayar, dan kita masih dapat memakeup gmail kita tersebut sehingga alamat yang kita gunakan merupakan alamat domain kita, walaupun hanya sebagai topeng.
Untuk mensukseskan tujuan ini, kita hanya perlu menguasai sebuah domain yang dilengkapi dengan fasilitas web hosting. Namun kita tidak memerlukan webhosting berkapasitas besar, bahkan kita tidak perlu membuat webmail account. Yang kita butuhkan hanya lah fasilitas email forwarding yang bisa kita atur melalui cPanel dan sebuah gmail account yang akan kita makeup. Jika kedua komponen tersebut sudah tersedia, yang perlu dilakukan adalah melakukan sedikit perubahan dalam pengaturan webmail website kita. Umumnya sebuah website dikendalikan melalui cPanel, walaupun tidak menutup kemungkinan digunakannya antarmuka yang lain. Namun disini dicontohkan pengaturan melalui cPanel.


Pastikan account yang akan alamatnya akan dijadikan topeng pada gmail kita belum terdaftar melalui menu Email Accounts dalam kelompok Mail. Hal ini perlu dilakukan agar email yang masuk ke alamat tersebut tidak disimpan dalam ruang webhosting yang telah disediakan untuk kita. Jika email tersebut disimpan dalam ruang webhosting dan kita tidak merawat email account tersebut akan ada kemungkinan ruang webhosting kita akan penuh sehingga pengirim email akan mendapat pemberitahuan mengenai kegagalan pengiriman email.


Setelah dipastikan mail account yang akan kita gunakan sebagai topeng tidak terdaftar, langkah selanjutnya adalah pengaturan dalam Forwarders dalam group Mail pada cPanel. Pilih tombol Add Forwarder.


Dalam Address to Forward isikan alamat yang akan menjadi topeng gmail kita. Kita cukup mengetikkan nama account yang ingin kita gunakan, sebagai contoh jika kita ingin menggunakan alamat email nama@domain.tld (TLD = Top Level Domain seperti com,net,org, info dan lain-lain), kita hanya perlu mengetikkan nama, dan memilih domain.tld dalam masing-masing kotak. Dalam kotak Fordward to email address isikan alamat gmail kita secara lengkap ditutup dengan memilih tombol Add Forwarder. Setelah itu akan muncul konfirmasi bahwa sebuah forwarder baru telah ditambahkan.


    Sampai di sini, pengaturan dari sisi hosting telah selesai. setiap email yang ditujukan ke nama@domain.tld akan diteruskan ke gmail kita. Langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah mengatur agar gmail dapat mengirim email dengan nama@domain.tld dengan fasilitas Send mail asmelalui settings.
    1. Dalam tab Account and Import seksi Send mail as pilih Add another email address you own.
    2. Isikan nama yang ingin kita gunakan untuk mendefinisikan diri kita saat kita menggunakan alamat nama@domain.tld. tuliskan pula nama@domain.tld dalam kotak Email Address. Jika Treat as an alias kita aktifkan, maka penerima email yang dikirim dari namadomain.tld akan mengetahui bahwa pengirim sebenarnya adalah sebuah gmail account. Jika ini tidak diinginkan, hilangkan tanda check dan tekan tombol Next Step >>
    3. Dalam langkah berikutnya, gmail akan menanyakan jalur yang digunakan, apakah akan melalui Gmail, atau SMTP server. Ikuti cara yang paling mudah (Send through Gmail (easier to set up)) kemudian tekan tombol Next Step >>
    4. Mengirim verifikasi (Send Verification). Setelah itu server akan mengirimkan email yang berisi linkserta delapan digit kode verifikasi ke nama@domain.tld. Karena dalam domain.tld telah dilakukan pengaturan agar email yang ditujukan kepada nama@domain.tld diteruskan ke alamat gmail kita maka kita hanya perlu menunggu dalam inbox gmail kita.
    5. Setelah email berisi Gmail Confirmation - Send Mail as kita terima, kita tinggal memverifikasi proses yang telah kita lakukan dengan cara:
    • memilih link konfirmasi atau menyalin dan menempelkannya dalam browser address bar
    • menyalin confirmation code, masuk ke settings > Account and Import seksi send mail as, pilih link Verify sehingga terbuka jendela Confirm verification and add your email address. Isikan 8 digit yang telah dikopi diakhiri dengan memilih tombol Verify
    Melalui tab ini, kita juga dapat memilih alamat mana yang akan kita jadikan alamat pilihan utama (default), dan alamat yang kita gunakan saat membalas email, apakan alamat utama atau alamat email yang menerima email tersebut. Setelah proses di atas dilakukan, saat kita membuat email baru, gmail akan menempatkan satu kotak isian baru yang mengijinkan kita memilih dari mana email kita akan dikirim.



    Dengan begini, kita tetap dapat menggunakan alamat domain kita, tanpa harus meninggalkan gmail.

    No comments:

    Post a Comment