Friday 13 December 2013

Tempat- tempat ekstrim didunia part 1

 Info Berita Terhangat - Berada di tempat dengan suhu dan kondisi alam yang tak bersahabat tentunya bisa membahayakan nyawa. Apalagi jika kita kurang persiapan, baik itu dalam hal fisik atau perlengkapan survival. Nah, berikut adalah sepuluh tempat paling ekstrem di bumi, yang tidak hanya menantang, tetapi juga berbahaya bagi keselamatan Anda. Yuk simak bersama!

1. Gurun Lut, Iran 

Dasht-e Lut atau juga dikenal sebagai Gurun Lut, merupakan sebuah gurun garam luas yang terbentang di tenggara Kerman, Iran, dan masuk dalam daftar 25 gurun terbesar di dunia. Suhu di gurun ini bisa mencapai 70,7 derajat Celcius, dan ini menjadi salah satu tempat terkering di dunia. Bagian terpanas dari gurun ini adalah Gandom Beryan, sebuah plato besar yang diselubungi lava hitam, dengan luas mencapai sekitar 480 kilometer persegi.

2. Gunung Chimborazo, Ekuador

Sebagian besar orang tahu bahwa Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia. Meski puncak Everest mencapai ketinggian 8.848 meter di atas permukaan laut, tak banyak orang yang tahu bahwa Gunung Chimborazo di Ekuador - dengan ketinggian 6.310 meter - adalah gunung tertinggi di atas pusat bumi. Ini dikarenakan bumi tidak bulat, melainkan oblate spheroid (bulat pepat), dengan bagian terluas berada di khatulistiwa. Nah, Gunung Chimborazo hanya terletak satu derajat di sebelah selatan khatulistiwa bumi atau sekitar 6.384 kilometer di atas pusat bumi. Meski tidak setenar Gunung Everest, Gunung Chimborazo dikenal memiliki kondisi alam yang ekstrem dan sangat minim oksigen.

3. Tristan de Cunha

Tristan de Cunha adalah sebuah pulau berpenghuni paling terpencil di dunia. Pulau ini berada di selatan Samudera Atlantik dan hanya dihuni oleh 272 orang. Penduduk pulau ini kabarnya sering menderita penyakit keturunan seperti asma dan glaukoma. Setelah diduduki oleh Inggris pada tahun 1800-an, penduduk pulau ini akhirnya memiliki kode pos dan bisa belajar bahasa Inggris. Penduduk pulau ini kini dapat memesan barang secara online, namun dibutuhkan waktu yang sangat lama untuk mendatangkan pesanan mereka.

4. Air Terjun Salto Angel, Venezuela

Angel Falls sering dipanggil dengan sebutan Salto Angel. Air terjun ini berada di Venezuela dan dikenal sebagai air terjun tertinggi di dunia. Ketinggian Salto Angel mencapai 3230 meter. Angel Falls lebih tepatnya terletak di sebuah anak sungai Rio Caroni. Air terjun ini terbentuk ketika aliran sungai jatuh dari puncak Auyantepui.

part 2

No comments:

Post a Comment