Monday 30 December 2013

Menaruh buah dalam lemari es dapat menurunkan kadar vitaminnya

Info Berita Terhangat - Buah-buahan dibutuhkan manusia karena kadar vitamin dan mineralnya yang tinggi. Namun menyimpan buah-buahan dengan cara yang salah bisa membuat Anda kehilangan manfaat dari buah-buahan tersebut. 

Penelitian mengungkap bahwa mendinginkan buah-buahan dengan memasukkannya ke lemari es bisa menurunkan kadar antioksidan pada buah tersebut. Tak tanggung-tanggung, buah bisa kehilangan hingga 80 persen antioksidan di dalamnya, seperti dilansir oleh Daily Health Post (25/12). 

Hal ini berbeda jika menyimpan dan mendinginkan buah dengan metode freeze-drying atau pengeringan beku. Buah yang disimpan dengan metode ini tak akan kehilangan terlalu banyak nutrisi di dalamnya. Metode pengeringan beku akan menjaga semua kadar vitamin dan antioksidan hingga 92 persen.

Lantas, mengapa buah yang dimasukkan dalam lemari es bisa kehilangan antioksidannya? Peneliti menjelaskan bahwa ketika buah-buahan mengalami perubahan temperatur dari temperatur awalnya, kemungkinan antioksidan di dalamnya akan terpengaruh. Hasil ini diketahui peneliti di Sheffield Hallan University setelah mengukur kadar antioksidan dan vitamin C pada strawberry segar, dan membandingkannya dengan strawberry yang didinginkan.

Hal yang sama juga dilakukan oleh peneliti di Ohio State University yang mengamati kadar vitamin dan antioksidan pada raspberry hitam yang didinginkan dan dilakukan freeze-drying. Pada buah yang didinginkan dalam lemari es, kadar TPC berkurang 82 persen, vitamin C berkurang hingga 19 persen, dan TAC berkurang hingga 23 persen. TPC menunjukkan kadar polyphenol, salah satu antioksidan dengan banyak manfaat kesehatan yang ditemukan dalam buah dan sayur.

Untuk itu, sebaiknya Anda berhati-hati ketika menyimpan buah-buahan dalam lemari es. Akan sangat baik jika buah langsung dikonsumsi dalam keadaan yang segar dengan nutrisi yang masih maksimal.

No comments:

Post a Comment