Thursday 13 March 2014

Ditemukan Matahari baru yang lebih besar

Info Berita Terhangat, Ditemukan Matahari baru yang lebih besar- Sebuah teleskop luar angkasa di Chile telah menemukan sebuah bintang atau matahari baru. Uniknya, bintang ini memiliki ukuran sangat besar dan berwarna kuning menyala.

Seperti yang dilansir Mashable (12/3), bintang dengan nama HR 5171 A ini bersinar dengan jarak 12 ribu tahun cahaya dari bumi. Bintang tersebut memiliki ukuran 1,2 ribu kali lebih besar dari diameter matahari. Hal ini pun membuatnya jadi salah satu bintang terbesar yang pernah ditemukan manusia.

HR 5171 A sendiri juga memiliki besar dua kali lipat dari bintang merah Betelgeuse yang terletak di bahu Orion. Padahal, hanya ada 12 bintang seperti ini yang masih tersisa di Bima Sakti.

"Observasi terbaru juga menunjukkan kalau bintang ini memiliki partner biner yang cukup dekat sehingga sangat mengejutkan," kata Olivier Chesneau, dari Observatoire de la Cte d'Azur, Prancis.

Chesneau dan timnya sendiri menggunakan sebuah teknik khusus saat menemukan bintang tersebut. Mereka mengombinasikan cahaya dari berbagai teleskop lewat sebuah teleskop raksasa.

No comments:

Post a Comment