Thursday 6 February 2014

TNI siap bersikap Netral dalam pesta rakyat 9 April nanti

Info Beria Terhangat, TNI siap bersikap Netral dalam pesta rakyat 9 April nanti - Tentara Nasional Indonesia (TNI) siap mengamankan pemilihan umum (Pemilu) 2014 nanti dengan netral. Kesiapan itu bertujuan untuk memperkuat kekuatan Polri.
Perwira Staf Ahli Tk. III Bidang Polkamnas Panglima TNI, Mayor Jendral TNI Suharno, saat acara deklarasi 'Maklumat Bersama Pemilu Jurdil, Damai dan Bebas Korupsi' di Hotel JS Luwansa, menegaskan pihaknya bakal netral demi menuju pemilu jujur dan adil.

"Oleh karena itu netralitas bukan sekadar komitmen. Itu merupakan larangan penggunaan sarana dan prasarana TNI bagi kepentingan kontestan pemilu," kata Suharno di lokasi, Jakarta, Kamis (6/2).

Terkait Pemilu damai, tertib dan aman, TNI sudah menerjunkan semua satuannya. Mulai angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara. Namun, penebalan yang dilakukan TNI kepada Polri bersifat tidak langsung.

"Kita akan memberikan penebalan terhadap Polri yang bersifat tidak kontak langsung terhadap objek pengamanan," ujarnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjamin keterlibatan TNI dan Polri dalam pemilu nanti hanya berfungsi sebagai pengaman. Sebab, hal itu juga sudah ditulis dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 2013 tentang Pemilu.

Ketua KPU Husni Kamil Manik, menyatakan TNI dan Polri bakal menjaga keamanan pemilu dari seluruh aspek. Termasuk pendistribusian logistik ke daerah yang sulit dijangkau.

"TNI dan Polri membantu proses pengamanan dan distribusi logistik ke daerah rawan. Rawan keadaan alamnya dan keamanan," terangnya di lokasi yang sama.

Berikut format kekuatan penebalan yang dilakukan TNI di semua lini :

TNI AD :
1 SSY (satuan setingkat batalyon) untuk tiap Polda tipe A
2 SSK (satuan setingkat kompi) untuk tiap Polda tipe B
1 SST (satuan setingkat peleton) untuk tiap Polres
3 SSY Kostrad dan Satgultor sebagai cadangan pusat yang setiap saat dapat digerakkan sesuai kepentingan

TNI AL :
5 SSK pada masing-masing Koarmada
5 SSK Marinir serta Denjaka sebagai cadangan pusat.

TNI AU :
2 SSK pada masing-masing Koopsau - 2 SSK Paskhas serta Denbravo sebagai cadangan pusat.


Source : merdeka.com

No comments:

Post a Comment