Thursday 23 January 2014

Tiba - tiba koneksi Inet di china mati

Info Berita Terhangat, Tiba - tiba koneksi Inet di china mati - Jutaan warga China tidak bisa online di internet hari ini karena aksesnya benar-benar mati. Seluruh situs baik itu yang ada di dalam negeri maupun luar China tidak bisa diakses dari negeri tirai bambu tersebut.
Seperti yang dilansir oleh CNN (22/1), China Internet Network Information Center (CNNIC) menyatakan bahwa matinya internet di sana diakibatkan karena adanya kerusakan dalam server utama yang bertujuan memblokir situs dengan domain .com dan .net. Sementara menurut media lokal Xinhua, kerusakan server tersebut diakibatkan oleh serangan hacker, meski tuduhan itu hingga kini belum terbukti.
Seperti diketahui, server utama di China dikenal juga dengan nama tembok api raksasa atau The Great Firewall. Tembok api ini bertujuan untuk memfilter segala konten internet yang bukan berasal dari China.
"Sistem kendali DNS server tersebut biasanya mengalihkan situs yang diblokir ke alamat IP lainnya. Namun kali ini situs yang tidak diblokir pun jadi korban," kata Bill Xia, Presiden DIT.
Teori matinya internet China akibat serangan hacker sendiri diperkirakan didalangi oleh aliran Falun Gong yang diharamkan di sana. Aliran ini adalah gerakan spiritual yang mencoba membebaskan China dari pembatasan informasi terhadap dunia luar.

No comments:

Post a Comment