Friday 17 January 2014

Katulampa siaga II, Jakarta diprediksi tergenang sore nanti


Info Berita Terhangat, Katulampa siaga II, Jakarta diprediksi tergenang sore nanti — Hujan yang terus mengguyur kawasan hulu Sungai Ciliwung mengakibatkan status ketinggian air di pintu air Katulampa, Bogor, Jawa Barat, meningkat menjadi Siaga II. Meski status itu telah turun, banyaknya volume air akan mengakibatkan banjir di Jakarta sore nanti.
Pada Jumat (17/1/2014) pukul 11.00 WIB, air pintu air Katulampa berada di ketinggian 160 sentimeter. Jika air terus meningkat hingga melebihi 200 cm, maka statusnya akan berubah menjadi Siaga I.
"Betul, pukul 11.00 WIB, ketinggian air di Pintu Katulampa 160 sentimeter," kata Camat Jatinegara Syofian Taher kepada Kompas.com, Jumat siang.
Secara terpisah, petugas jaga Bendung Katulampa, Bogor, Hadi, mengatakan bahwa saat ini ketinggian air di Katulampa sudah turun kembali menjadi Siaga III. Mulai pukul 11.40, ketinggian air sudah menurun menjadi 140 cm. Meski demikian, jika hujan deras terjadi di hulu Ciliwung, maka kemungkinan kondisinya berubah.
"Tertinggi tadi pukul 11.00, 160 cm. Namun, pukul 11.40 turun lagi ke 140 cm (Siaga III). Saat ini hulu masih gerimis," kata Hadi.
Syofian mengatakan, dengan status tersebut, warga Kampung Pulo di Kelurahan Kampung Melayu akan segera diungsikan kembali. Diperkirakan, Kampung Pulo akan terendam banjir pada pukul 17.00-18.00 WIB.
"Enam sampai tujuh jam kemudian akan sampai di sini. Kita sudah lakukan imbauan ke masyarakat untuk segera kembali ke tempat pengungsian," ujar Syofian.
Saat ini jumlah pengungsi di wilayah Jatinegara di posko Kantor Sudin Kesehatan Jakarta Timur sebanyak 569 jiwa. Pengungsi di Gereja Oikononia sebanyak 305 jiwa. Adapun pengungsi di RS Hermina terdapat 105 jiwa. Sejumlah petugas kecamatan dan relawan sudah bersiap menghadapi banjir sore nanti.

No comments:

Post a Comment