Tuesday 17 December 2013

Bulan purnama akan terlihat kecil malam ini

Info Berita Terhangat  - Malam ini pengamat antariksa akan kembali dimanjakan matanya oleh alam. Kali ini, pertunjukan spektakuler di langit malam akan dihadirkan oleh bulan.
Seperti yang dilansir LA Times (16/12), nanti malam diperkirakan akan muncul bulan purnama. Namun, bulan purnama ini bukan yang biasanya terjadi karena bulan akan terlihat lebih kecil dari biasanya. Bahkan, boleh dibilang bahwa bulan purnama malam ini akan jadi yang terkecil selama 2013.
Hal ini dikarenakan bulan tidak bergerak dengan tepat di lingkarannya saat mengorbit bumi. Sehingga, bulan pun menjauh dari bumi yang mengakibatkan citra bulan pada malam ini akan terlihat sangat kecil.
"Jika Anda bandingkan, ada bulan purnama yang sangat dekat dengan bumi, ada juga yang jauh, Anda pasti bisa membedakannya (nanti malam)," kata Tony Cook, peneliti dari Griffith Observatory.
Nanti malam, bulan akan berjarak sekitar 252,4 mil dari bumi. Ini merupakan jarak terjauh antara bulan dan bumi pada tahun 2013.
Fenomena ini sendiri akan berlanjut pada Januari. Sehingga, pada pertengahan bulan depan, Anda akan melihat ukuran bulan yang lebih kecil lagi dibandingkan malam ini.

No comments:

Post a Comment