Thursday 12 December 2013

3 Faktor penting memilih nama blog

Salah satu faktor penting membangunbrand blog yang bagus adalah memilih nama. Dan secara sederhana ada 3 faktor yang harus diperhatikan dalam memilih nama blog yang bagus ini, yaitu:

1. Nama blog harus menjelaskan isi dari blog Anda
Ini menjadi prioritas utama. Coba bayangkan ketika Anda melakukansearching di mesin pencari, setelah melihat hasilnya, situs mana yang cenderung lebih menarik untuk Anda kunjungi? Apakah blog yang dari namanya saja Anda sudah dapat menerka isinya?

Portal Uang, Blogging Sukses, Catatan Harianku

Mana yang lebih memberikan gambaran tentang isi di dalamnya? Anda bisa menentukannya sendiri. Nama yang terakhir di atas, gagal memberikan gambaran apa sebenarnya isi dari blog tersebut, sehingga meskipun kemudian muncul di hasil pencarian, namun bisa jadi akan luput dari perhatian, karena pembaca tidak tertarik dan bingung tentang apa sebenarnya isi dari blog tersebut. 

Intinya, sebisa mungkin usahakan nama blog Anda sudah langsung dapat mencerminkan apa yang disajikan oleh blog Anda. Dengan begitu, akan lebih memberi peluang, Anda memenangkan persaingan mendapatkan pembaca.

2. Nama blog harus mudah diingat
Kunci untuk mudah diingat adalah simpel. Buatlah nama blog sesimpel mungkin namun tetap dapat menunjukan deskripsi isi blog seperti yang saya maksud di poin pertama tadi. 

Nama blog yang terlalu panjang dan sulit diingat akan lebih mudah dilupakan dan akan sulit untuk membangun brand yang kuat.

Sebagai contoh, misalkan blog Anda menceritakan tentang nutrisi, fitness dan info kesehatan secara umum. Anda bisa memberikan nama blog Anda : "Blog Nutrisi, Fitness dan Info Umum Kesehatan". Sekilas nama ini benar dapat mencerminkan isi dari blog, tapi apakah nama tersebut juga mudah diingat? Cobalah berkreasi, usahakan tetap simpel, pendek dan mudah diingat.

3. Nama blog harus sama dengan alamat domain
Yang satu ini, seringkali diabaikan oleh para blogger. Mungkin disebabkan memang agak sulit mencari nama domain yang diinginkan yang belum didaftarkan oleh orang lain. Tapi, jika nama blog tidak sama dengan alamat domain, maka Anda telah kehilangan satu lagi peluang mendapatkan banyak pembaca. Terutama mereka yang berkunjung ke blog Anda melalui sebuah link, mereka akan mengingat nama blog Anda, bukan alamat domainnya.


Kenyataannya, nama blog akan lebih mudah diingat dibanding alamat domain. Sehingga ketika pembaca Anda ingin kembali berkunjung dan hanya mengingat nama blog Anda, maka mereka akan mengetikkan nama tersebut di browser mereka. Ketika mereka tidak menemukannya, kemungkinan besar mereka akan mencari blog lainnya. Anda tentu masih ingat pentingnya trafik langsung untuk blog Anda bukan?

Jadi, usahakanlah nama blog Anda sama dengan alamat domain Anda. Itu sangat bagus untuk memastikan blog Anda siap mencapai satu tingkat lebih tinggi.

Itulah, 3 hal yang menurut saya patut menjadi perhatian ketika memilih nama untuk sebuah blog. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda memiliki tips tambahan lain? Silakan berbagi melalui kolom komentar. Sampai disini, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment