Wednesday 27 November 2013

New York Times Jelaskan cara kerja NSA sadap Google dan Yahoo

Info Berita Terhangat -  Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) melakukan penyadapan terhadap perusahaan internet seperti Yahoo dan Google. Lalu, bagaimana NSA diam-diam mencuri data informasi penting di kedua perusahaan raksasa tersebut?

Banyak publik mungkin bertanya-tanya bagaimana mungkin perusahaan sebesar Google dan Yahoo bisa kebobolan data mereka tanpa diketahui. Ditambah lagi, dua perusahaan tersebut dengan keras membantah keterlibatan dalam memberikan informasi ke NSA.

Mungkin jawaban paling dekat dengan cari ini adalah NSA melakukan penyadapan modern dengan cara yang tradisional, yakni 'menguping' perbincangan di antara kedua perusahaan tersebut.

Lalu bagaimana cara NSA 'menguping'? New York Times coba menjelaskan salah satu cara yang paling mungkin dilakukan NSA dalam menyadap Yahoo dan Google.

Bila Google dan Yahoo membantah terlibat dalam aksi tak terpuji ini, lalu bagaimana dengan perusahaan penyedia fiber optic (FO) seperti Verizon Communications Group, Vodafone Grup dan Level 3. Perusahaan inilah yang penyedia kabel backbone terbesar di dunia bagi bagi Google dan Yahoo.

Pusat data center milik Yahoo dan Google memang terlindungi penuh dengan sistem keamanan yang mungkin publik tak perlu meragukannya lagi dalam melindungi data penggunanya. Tapi bagaimana dengan kabel FO itu?

Seperti diketahui, semua segala informasi dari pengguna Yahoo dan Google yang masuk ke pusat data center dikirimkan lewat kabel FO ini. Nah, ada kemungkinan NSA menyadap informasi melalui 'kurir' bawah laut ini.

Ini tentu saja persoalan mudah bagi NSA. Apalagi kenyataannya adalah, kabel FO yang menjadi penghubung informasi ini tidak terlindungi enkripsi. Kelengahan ini dimanfaatkan oleh NSA.

"Semua orang begitu terfokus bahwa NSA mendapatkan informasi melalui akses pintu depan. Tapi mereka juga lupa, badan ini juga bisa mendapatkannya melali pintu belakang," kata Kevin Werbach, seorang profesor di Wharton School.

Di dunia agen mata-mata, sebetulnya apa yang dilakukan oleh NSA bukanlah sesuatu baru. Sebelum munculnya internet, NSA dan pendahulunya selama beberapa dekade menyadap perusahaan telepon untuk memonitor semua lalu lintas suara internasional.

Di Amerika Serikat, mulai tahun 1960-an, operasi mata-mata yang diberi nama kode Eselon ditujukan untuk menyadap Uni Soviet dan sekutunya melalui suara, fax dan lalu lintas data melalui satelit, microwave dan kabel serat optik

No comments:

Post a Comment