Tuesday 12 November 2013

55Tahun Kejayaan Little Cub

Berita Hangat - Di tengah pengembangan model-model baru bernuansa sporty dengan teknologi canggih, Honda tak serta merta melupakan sejarah. Mereka kembali menghembuskan nafas untuk Little Cub 50cc, sepeda motor bebek (cub) berdarah Super Cub Series yang tak tersaingi hingga lebih dari empat dekade. Model pun orisinal, hampir sama dengan masa jaya dulu.

Super Cub adalah model dengan siklus hidup paling panjang di dunia, dengan produksi yang mencapai lebih dari 85 juta unit sejak 1958. Secara rata-rata, sekitar 1,55 juta model ini diproduksi setiap tahun. Belum ada merek dan model mana pun yang punya umur sepanjang dia. Bahkan jika ditarik benang merah, bebek-bebek Honda masa kini terlahir dengan darah moyangnya itu.

Khusus untuk Little Cub 50cc, disiiapkan dua model, reguler dan model khusus 55th Anniversary Special Edition yang dibuat hanya 1.500 unit, dengan warna kombinasi merah dan hitam. Dua varian tersebut dilengkapi pelek warna merah, bagian belakang hitam, penutup samping krom, stiker jadul, dan pattern khusus pada jok.

Sangat Irit
Tampang boleh jadul, tapi teknologi istimewa. Sepeda motor ini sudah menggunakan sistem injeksi, dengan kapasitas mesin 49 cc berpendingin udara. Tenaganya cukup ”sopan” dan ”rendah hati”,  hanya 3,4 PS @7.000 rpm dan torsi 3,7 Nm @5.000 rpm.

Spesifikasi lain, dilengkapi transmisi manual empat percepatan, pelek 14 inci, suspensi depan versi leading-link dan sokbreker ganda di belakang. Bobot total cuma 82 kg, menjanjikan pengendalian lincah dan ringan. Tampang? Sama dengan model lama.

Untuk efisiensi jangan ditanya, model ini mempertahankan tradisi irit bahan bakar. Diklaim, hanya dengan 3,4 liter bahan bakar, sanggup berjalan sampai 384 km. Artinya, konsumsi bahan bakar mencapai 112 kpl.

Harga model ini dipatok 210.000 yen (Rp 24,4 juta), sementara untuk edisi khusus 55th sedikit lebih mahal, 249.900 yen (Rp 29,1 juta). Sayang, hanya untuk Jepang.

Source

No comments:

Post a Comment