Tuesday 31 December 2013

Triks menulis postingan blog agar lebih menarik

Begitu banyak blogger berkutat dengan pertanyaan-pertanyaan seputar pembuatan konten blog, apalagi bagi mereka yang baru saja memulai menjadi blogger.

Bagaimana cara membuat posting blog yang lebih baik? Bagaimana cara menarik lebih banyak pembaca? Bagaimana cara mempromosikan posting agar 'diketahui' orang lebih banyak? Adalah sedikit dari pertanyaan -pertanyaan yang saya maksud di atas.

Kita sama-sama tahu, bahwa nyatanya ada blog yang sukses, sedangkan yang lainnya tidak. Memang, tidak ada rumus pasti, dan kita tidak pernah tahu persis faktor-faktor apa yang membuat suksesnya sebuah blog.

Namun, saya yakin, kualitas konten atau kualitas setiap posting blog yang disajikan, memegang peran dominan dalam menunjang kesuksesan sebuah blog.

Lalu bagaimana cara membuat sebuah posting yang lebih baik? Di bawah saya sajikan 7 tips meningkatkan kualitas setiap posting yang Anda buat.

1. Temukan niche Anda
Ini adalah hal utama. Jika Anda berniat membuat sebuah blog tentang kota Yogyakarta, misalnya. Maka, kiranya tidak akan begitu menarik perhatian, jika Anda menyajikan sesuatu yang terlalu umum.

Blog Anda akan 'biasa' saja, sampai Anda memberikan sesuatu yang unik, berbeda, keluar dari kerumunan ribuan blog lain yang mengulas kota Yogyakarta.

Mengapa tidak menulis tentang rumah makan enak dan 'bersahabat' bagi mahasiswa di kota Yogyakarta, misalnya. Atau menulis pengalaman Anda ketika kuliah di kota itu, plustetek bengek kota yang berhubungan dengan dunia akademis Anda? Ini jauh lebih menarik perhatian dibandingkan Anda menulis apa saja tentang Yogyakarta.

Poin utamanya disini adalah, Anda harus menemukan audiens spesifik, yang tertarik dengan informasi yang Anda sajikan, kemudian Anda setia di dalamnya. Itu adalah cara terbaik pertama yang akan membuat setiap posting Anda memiliki nilai berharga.

Artikel Panduan Memilih Topik Blog, akan sangat membantu Anda menemukan nicheterbaik untuk blog Anda.

2. Miliki sebuah goal
Blog Anda harus mempunyai goal, tujuan atau manfaat tertentu. Anda tidak harus memiliki tujuan untuk menjual sesuatu atau pun untuk mendapatkan uang sebanyak-sebanyak dari blog Anda, misalnya. Ada banyak goal lain yang dapat dijadikan tujuan mengapa Anda menjadi seorang blogger.

Namun, paling tidak Anda harus sejak awal memiliki tujuan atau target tertentu dari blog Anda. Lebih jauh lagi, setiap posting yang Anda buat harus memiliki goal-nya masing-masing.

Apakah Anda kesulitan mendapatkan tujuan pasti dari setiap posting Anda? Jika demikian, tanyakan kepada pembaca Anda. Buatlah jajak pendapat (polling). Ngobrollah dengan blogger lain. Sampai Anda menemukan goal untuk setiap posting yang Anda buat.

Saya, agak sulit menjelaskan hal ini. Tapi poin utama yang ingin saya sampaikan adalah, bahwa Anda harus memiliki tujuan tertentu setiap kali Anda menulis posting. Contoh tujuan saya menulis posting ini adalah: "Ingin membuat Anda dapat menulis posting yang lebih baik dari yang sudah-sudah."

Menulis artikel dengan tujuan tertentu di dalam pikiran, akan selalu membuat posting Anda menjadi lebih baik, karena selama kita menulis, kita selalu fokus terhadap apa yang ingin Anda berikan kepada pembaca Anda.

Jadi, milikilah tujuan setiap kali Anda menulis posting atau artikel. Jangan menulis sebelum Anda memiliki tujuan pasti dalam pikiran Anda, karena itu hanya kesia-siaan. Tulisan Anda akan tawar, datar, dan terasa hambar.

3. Tulislah judul posting yang 'tajam'
Judul posting sangat berpengaruh terhadap kualitas posting. Bahkan ada beberapa blogger mengatakan bahwa judul artikel menentukan sukses tidaknya sebuah blog.

Buatlah judul posting yang relevan dan sesuai dengan goal seperti disebutkan pada poin ke-2 di atas. Jika Anda memberi perhatian dari sisi SEO, lakukan penyesuaian terhadap judul dengan memasukkan keyword yang sesuai.

4. Gunakan gaya penulisan yang sesuai
Berikutnya adalah, setelah menemukan dan menentukan gaya (style) blog Anda, pakai gaya tersebut dalam setiap posting yang Anda buat.

Blog Anda dapat memiliki 'gaya dan warna' apapun seperti yang Anda inginkan, mulai dari yang paling casual (santai) sampai yang paling formal. Topik blog dan tujuan dari blog Anda sendiri menentukan gaya apa yang paling cocok yang dapat Anda gunakan.

Blog tentang dunia medis, mungkin akan lebih formal. Sedangkan blog tentang fans JKT48, pastinya akan lebih mudah diterima dengan gaya yang non-formal, santai dan disajikan dengan 'bahasa gaul'.

Pada umumnya, sebuah blog lebih berhasil dengan gaya yang casual, santai dan menggunakan bahasa percakapan sehari-hari. Tapi, tentu Anda bebas menentukannya sendiri.

Selanjutnya tentang memilih kosakata. Saya masih melihat banyak blogger, memilih kosakata dan istilah ilmiah 'tingkat tinggi' agar terlihat lebih intelektual dan profesional, padahal ada padanan kata yang lebih mudah dimengerti secara umum. Meskipun begitu, sekali lagi, masalah gaya ini lebih banyak ditentukan oleh topik blog Anda dan kepada siapa blog tersebut ditujukan.

5. Periksa ejaan sebanyak 2x
Sebuah posting yang ditulis penuh dengan kesalahan ketik, akan sangat mengganggu pembaca serta membuatnya tampak tidak profesional. Sayangnya, saya masih melihat banyak posting yang penuh dengan kesalahan ini.

Lebih jauh, memberi kesan bahwa penulis blog tidak serius menghadirkan konten yang berkualitas dan asal-asalan membuatnya. Jadi, jangan anggap remeh masalah yang satu ini.

Gunakan selalu fasilitas pemeriksaan ejaan (spelling checker), sehingga Anda langsung mengetahui jika ada kata yang salah ketik. Hampir semua browser memiliki fasilitas ini. Kenapa tidak dimanfaatkan?

6. Buatlah link
Jangan merasa 'tabu' untuk memberikan link relevan bermanfaat ke blog lain. Selain memberi nilai lebih kepada pembaca, juga dapat menjalin hubungan baik dengan blogger lain. Dan ini bagus di mata pembaca.

Anda tidak akan kehilangan respek dari pembaca hanya karena Anda memberi link ke blog lain. Justru mereka akan berterima kasih kepada Anda karena membuat 'hidup' mereka menjadi lebih mudah. Dan mereka akan semakin setia dan menunggu konten berkualitas blog Anda berikutnya.

Selain memberi link ke blog lain, jika Anda memiliki topik blog yang cukup sempit, pasti ada banyak artikel lain yang dapat Anda tautkan dalam setiap posting baru.

Berilah link ke posting lama Anda yang relevan. Selain membantu pembaca menemukan informasi yang mereka butuhkan secara lebih luas, juga akan membuat pembaca mengeksplorasi setiap sudut blog Anda, serta sangat baik di mata mesin pencari.
7. Tambahkan elemen visual
Ini adalah hal terakhir yang akan membuat posting Anda lebih 'bersinar'. Ketika Anda menambahkan gambar atau media lain, maka Anda sedang memberi 'warna' baru pada halaman posting Anda.

Posting Anda akan lebih mudah dibaca, lebih asyik dinikmati dengan tambahan gambar atau foto. Dan dengan alasan yang tidak begitu jelas, saya melihat setiap posting yang memiliki gambar, relatif memiliki page view lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak.

Saya, tidak sedang mengatakan bahwa blog yang hanya berupa teks semua (tanpa gambar) tidak akan berhasil, namun secara umum, akan lebih mudah menarik perhatian pembaca dengan memberi tambahan elemen visual berupa gambar, sekaligus membuat mereka betah membaca posting sampai tuntas.

Perlu diingat, bahwa memberi elemen visual atau mempercantik penampilan posting blog, tidak selalu harus berupa gambar atau foto. Anda dapat menambahkan elemen visual dengan memberi penekanan pada bagian-bagian artikel tertentu, bisa berupa kombinasi warna, pengaturan format huruf (ukuran, tebal, miring, garis bawah) dan sebagainya. Misalnya dengan memanfaatkan blockquote seperti yang Anda lihat pada artikel ini.

Usahakan selalu menambahkan elemen visual dalam setiap posting yang Anda buat. Tambahkan apapun yang membuat posting Anda tidak monoton, lebih hidup, maka posting Anda akan menjadi jauh lebih baik, lebih enak dinikmati.

Itulah 7 tips terbaik yang dapat saya sampaikan untuk bisa menulis posting yang lebih baik dan berkualitas. Dari itu semua, yang tidak kalah pentingnya adalah:
Jangan pernah berhenti meningkatkan membuat blog dan posting Anda menjadi lebih baik

Lihatlah posting Anda yang lalu-lalu. Apakah Anda menemukan sesuatu yang ditulis dengan buruk? Penggunaan kata yang tidak tepat? Peluang memberi link yang terlewatkan? Belum menambahkan gambar?

Memperbaiki kesalahan yang terdapat pada posting lama Anda, adalah salah satu usaha membuat blog Anda menjadi lebih baik.

Kita semua, tentunya ingin menjadi penulis yang lebih baik, pada puncaknya ingin membangun blog yang sukses. Dengan menerapkan 7 hal sederhana diatas, akan berpengaruh banyak terhadap kualitas blog Anda keseluruhan dan akan menambah trafik secara signifikan.

Bagaimana? Anda memiliki tips lain membuat posting menjadi lebih baik? Bagikan melalui komentar. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment