Monday 30 December 2013

Sudahkan Anda memiliki banyak artikel pilar di blog Anda?

Setiap blog mestinya memiliki banyak artikel pilar, idealnya paling tidak 5% dari seluruh konten posting Anda adalah merupakan artikel pilar, syukur bisa lebih. 
 
Dengan kata lain, setiap 20 artikel yang Anda sajikan ke hadapan pemirsa, minimal satu adalah artikel pilar blog Anda.
 
Apa yang dimaksud artikel pilar?
Artikel pilar adalah artikel paling penting dari blog Anda. Beberapa blogger lain, juga menyebutnya sebagai killer post atau artikel utama, dan beberapa istilah lainnya.
 
Intinya artikel pilar adalah artikel yang menjadi ciri khas, sajian utama, atau artikel yang menggambarkan identitas blog Anda. Jika diibaratkan sebagai rumah makan, maka artikel pilar adalah makanan khas yang mana dari menu itulah rumah tersebut dikenal.
 
Tidak batas jelas mengenai artikel pilar ini. Namun, secara umum sebuah artikel pilar memiliki beberapa ciri, yaitu:
 
  • Lebih panjang dari artikel lainnya
  • Biasanya terdiri dari 750 kata atau lebih
  • Menawarkan nilai dan manfaat yang jelas, terarah dan tuntas kepada pembaca
  • Kontennya bersifat abadi
  • Kontennya orisinil dan unik
  • Kontennya menggambarkan 'keahlian' penulisnya di bidang yang bersangkutan sesuai topik blog
  • Kontennya menarik untuk dibagikan
  • Biasanya termasuk artikel populer di blog
  • Biasanya mendapatkan komentar lebih banyak dari artikel lainnya
Karena menjadi identitas utama dari blog Anda, maka tentu saja, membuat artikel pilar akan membutuhkan waktu lebih banyak dibandingkan Anda menulis artikel lainnya.
 
Anda butuh memberi solusi, gambaran, pemecahan masalah, dan informasi secara utuh dan tuntas. Anda perlu melengkapinya dengan gambar, video, data statistik, infografis, dan atau elemen pendukung lainnya.
 
Saya sendiri terkadang butuh waktu seminggu untuk menyelesaikan satu artikel pilar di Portal-Uang ini, dimana saya menyediakan waktu 1 - 2 jam per hari untuk menggarapkan.

Inilah beberapa posting yang saya buat sebagai artikel pilar:
 
  • Tips Optimasi Adsense (sebuah tulisan panjang yang saya bagi menjadi 8 bagian tentang optimasi Adsense dan segala aspeknya)
  • Cara Membuat Artikel Hebat
  • Panduan Lengkap Memilih Niche Terbaik
  • Panduan Lengkap Google Adsense
  • Panduan Lengkap Dapat Uang dari Youtube
(Mana artikel pilar blog Anda? Bagikan melalui kolom komentar!)

Membuat dan menyajikan artikel pilar memang sebuah kerja lebih. Tapi, itu akan terbayar dengan naiknya popularitas blog Anda. Artikel pilar lah yang akan memberi kredibilitas blog Anda, serta akan memberi trafik bagus dalam jangka panjang.
 
Jika pengunjung menemukan artikel pilar yang penuh informasi lengkap dan menarik, maka mereka akan mudah mengingat blog Anda, sukarela membagikannya melalui media sosial, dan berencana mengunjungi blog Anda lagi dan lagi, serta mengundang blogger lain memberi link ke blog Anda, karena mereka merasa memiliki sumber referensi yang bagus untuk pembaca mereka.
 
Sebaliknya, jika mereka tidak menemukan 'identitas' blog Anda melalui sebuah artikel pilar, maka Anda akan sulit mendapatkan perhatian lebih dari mereka. Itu artinya, Anda masih menjadi blogger biasa!
 
Nah, sudahkan Anda memiliki banyak artikel pilar di blog Anda? Jika belum, tunggu apalagi? Rencanakan sekarang juga untuk membuat banyak artikel pilar di blog Anda.
 
Bagaimana strategi membuatnya?
Dalam artikel Strategi Membuat Konten Blog, saya mengulas secara panjang lebar, bagaimana cara Anda menyiapkan konten pilar atau konten utama untuk blog Anda. 

No comments:

Post a Comment