Tuesday 17 December 2013

Snowden : saya siap membantu brasil mengungkap penyadapan asal memberikan saya suaka

Info Berita Terhangat  - Pembocor rahasia Badan Keamanan Amerika Serikat (NSA) Edward Snowden berjanji akan membantu Brasil dalam kasus penyelidikan penyadapan oleh NSA.

Snowden mengatakan dia diminta oleh anggota parlemen Brasil untuk memberikan informasi soal kasus penyadapan itu, seperti dilansir surat kabar Russia Today, Selasa (17/12).

"Banyak senator Brasil meminta saya untuk bekerja sama menyelidiki kasus penyadapan terhadap warga Brasil," kata Snowden. Dia mengatakan siap membantu tapi pemerintah Amerika selama ini berusaha mencegahnya.

"Pemerintah Amerika akan terus membatasi pergerakan saya sampai sebuah negara memberi suaka politik secara permanen kepada saya," tulis Snowden. Dia menyatakan akan mencoba meminta suaka kepada Brasil.

Snowden kini berada di Rusia setelah dia mendapat suaka sementara.

Brasil kini tengah menyelidiki laporan Snowden yang menyebutkan NSA telah menyadap telepon seluler Presiden Dilma Rousseff dan meretas sejumlah kementerian untuk mendapatkan informasi.

Dia menyatakan NSA memang mampu menyadap semua percakapan telepon seluler warga Brasil.

No comments:

Post a Comment