Tuesday 3 December 2013

Rp. 100 Milyar untuk bantuan korban bencana dikucurkan BNPB

Info Berita Terhangat  -  Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif mengatakan, intensitas hujan yang turun untuk daerah DKI Jakarta akan mengalami peningkatan hingga Maret 2014. Sejumlah dana juga dikucurkan untuk menanggulangi bencana.

"BNPB memprediksi hujan yang turun di kawasan DKI Jakarta akan mengalami peningkatan mulai Desember 2013 hingga Maret 2014," ujarnya dalam acara rakor kesiapsiagaan menghadapi banjir, longsor, dan lahar dingin, di Jakarta Pusat, Senin (25/11).

Ia menuturkan, untuk itu BNPB bekerja sama dengan BNBD DKI Jakarta, melakukan pencegahan bencana banjir dengan menerapkan sistem Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) kembali. "TMC ini baru dilakukan sekali, pada awal 2013 dan ini untuk yang kedua kalinya," kata Syamsul.

Ia menjelaskan, untuk menanggulangi bencana di Tanah Air telah disiapkan anggaran Rp 100 miliar. Anggaran tersebut dibagikan ke setiap kecamatan dan kelurahan.
"Dana itu nantinya diberikan ke setiap kecamatan senilai Rp 250 juta, lalu kepada kelurahan senilai Rp 50-100 juta," paparnya.

Selanjutnya, untuk daerah DKI sendiri, pihaknya sudah menentukan ada 15 kecamatan dan 89 kelurahan yang telah disiapkan. "DKI ada 15 kecamatan dan 89 kelurahan, " terangnya.

Syarif menambahkan, program lain yang telah dilakukan bekerja sama dengan BPBD DKI sejak 2013 hingga 2014 di antaranya, merekonstruksi waduk, pembuatan sumur resapan, pembersihan sungai, hingga pengerukan kali besar.

No comments:

Post a Comment