Monday 16 December 2013

kapan waktu yang pas untuk memonetasikan blog kita

Saya pernah ditanya tentang kapan waktu yang tepat untuk mulai memonetisasi blog?

Pertanyaan ini muncul karena memang ada sebagian bloggerlebih menyukai untuk membuat blognya "sempurna" dulu, membangun komunitas dan pembaca setia, setelah itu baru mulai memikirkan cara menghasilkan uang dari blog mereka. Tentu dengan harapan, penghasilannya dapat maksimal. Dan mereka mengatakan jangan terburu-buru memonetisasi blog.
 
Sebenarnya tidak ada yang salah dengan cara seperti itu, tapi jika memang sejak awal blog dibuat adalah untuk dimonetisasi, maka menurut saya yang terbaik adalah mulai memonetisasi blog sejak awal (apapun jenis monetisasi yang dipilih), alias sejak posting pertama kita dipublish. Karena ada beberapa keuntungan yang diperoleh jika kita sejak awal sudah memikirkan dan menentukan cara mendapatkan uang dari blog kita. Beberapa di antaranya adalah:
 
  • Kita bisa langsung mendapatkan uang. Memang tidak akan banyak yang bisa didapatkan dengan sebuah blog baru. Tapi, paling tidak kita telah menghasilkan uang dari blog kita. Sedikit selalu lebih baik dari pada tidak sama sekali bukan? Dan, dari pengalaman saya sendiri, meskipun hasilnya sedikit, tapi itu cukup membuat lebih semangat lagi untuk terus membuat blog menjadi lebih baik.
  • Kita banyak belajar dari pengalaman. Dengan melakukan berbagai uji coba, seperti misalnya, penempatan iklan yang bagus dan lain sebagainya, kita akan mendapatkan banyak pengalaman berharga. Itu jika kita memonetisasi blog sejak awal, sehingga ketika blog kita menjadi "sempurna", kita telah memiliki pengalaman yang cukup untuk memaksimalkan pendapatan dari blog tersebut.
  • Mengenalkan sejak awal kepada pembaca bahwa blog kita dimonetisasi.Menurut saya ini jauh lebih baik. Biasanya, para pembaca lebih menyukai blog tanpa monetisasi, seperti space iklan, tawaran afiliasi dan lain sebagainya, karena mereka berpikir bahwa ini blog yang "tulus"just sharing, tidak mengharapkan imbalan apapun. Lalu tiba-tiba, mereka -para pembaca- merasa kecewa bahwa ternyata blog tersebut akhirnya harus dipasangin iklan misalnya. Nah, jika sejak awal kita melakukan monetisasi blog, maka hal ini tidak akan terjadi, karena sejak awal pembaca telah mengetahui bahwa blog kita adalah untuk tujuan 
Jadi menurut saya tidak ada yang namanya terlalu pagi untuk langsung mendapatkan uang dari blog baru. Sehingga mungkin pertanyaan yang lebih tepat adalah:
 
Bagaimana cara kita menghasilkan uang dari blog sejak posting pertama?
 
Mari kita ambil contoh:
Misalkan kita bertujuan untuk menjual space iklan secara langsung kepada sponsor (pemasang iklan), tentu saja untuk tujuan tersebut, dibutuhkan trafik yang cukup tinggi agar pengiklan mau bekerja sama. Sebagai gantinya anda bisa memasang iklan dari jaringan iklan PPC, seperti Adsense dan Chitika.
 
Atau misalnya, kita membuat blog dengan tujuan untuk menjual produk (e-book misalnya), maka sebagai langkah awal, kita bisa menjual produk orang lain dulu dengan menjadi afiliasi mereka. sambil kita mempersiapkan produk kita sendiri.
 
Bagaimana? Sudah siap memotesasi blog baru Anda?
Kembali ke pertanyaan awal: Kapan waktu yang tepat memonetisasi blog anda yang baru?
Saya sudah menyampaikan pendapat saya, bagaimana dengan Anda semua? Ditunggusharing-nya melalui komentar di bawah. Semoga bermanfaat, sukses buat kita semua.

No comments:

Post a Comment