Tuesday 3 December 2013

Google Nexus Ngeblank saat terima SMS

Info Berita Terhangat  Perangkat mahal nan canggih pun belum tentu selamanya selamat dari serangan baik malware atau juga lainnya. Menurut penelitian, Google Nexus rentan terhadap serangan SMS massal berbasis DDoS.

Penelitian dan penemuan celah keamanan ini pertama kali diungkapkan oleh seorang administrator sistem di Levi9, sebuah perusahaan IT asal Belanda, bernama Bogdan Alecu.

Dia mengungkapkan bahwa smartphone versi Nexus baik itu Galaxy Nexus, Nexus 4 atau juga Nexus 5 yang menggunakan operating system Android 4.x sangat rentan terhadap serangan SMS massal berbasis DDoS.

Ketika seseorang yang menggunakan program tertentu untuk mengirimkan SMS masal ke perangkat jenis Nexus, maka smartphone tersebut akan mengalami malfungsi dan lebih parahnya lagi akan mengalami kerusakan.

Dikutip dari The Hacker News (30/11), ketika perangkat Nexus menerima SMS masal, maka hal pertama yang terjadi adalah layar berubah menjadi hitam.

Dengan berubahnya layar menjadi hitam, secara otomatis memory internal dalam perangkat tersebut akan ikut 'menguap.' Tidak hanya itu, perangkat Nexus juga akan kehilangan kemampuan untuk mengirimkan pesan sampai dengan tidak dapat lagi digunakan untuk mengakses data atau tidak dapat terhubung dengan APN.

Alecu sudah pernah mengirimkan hasil temuannya ini kepada Google, namun perusahaan raksasa tersebut masih belum memberikan jawaban yang jelas dan hanya mengatakan akan melakukan investigasi saja.

No comments:

Post a Comment