Thursday 19 December 2013

2013, tahun obligasi terburuk dalam sejarah

Info Berita Terhangat - Tahun ini, pasar surat utang atau obligasi Indonesia dinilai tercatat sebagai yang terburuk sepanjang sejarah. Euforia investment grade justru membuat yield SUN menjadi rendah.
"2013 boleh dibilang ini adalah tahun di mana performa pasar obligasi kita itu terjelek sepanjang sejarah. Ini karena asing membeli secara terus-menerus, yield rata-rata hanya 5 persen," ujar Head of Fixed Income Research PT Mandiri Sekuritas Handy Yunianto di Jakarta, Kamis (19/12).
Akibatnya, saat terjadi kenaikan suku bunga, inflasi, dan pelemahan Rupiah, investor ramai-ramai meminta bunga yang lebih tinggi lantaran risikonya yang juga tinggi. "Kalau kita bicara rata-rata harga obligasi tahun 2013 itu turun sekitar 13 persen," jelasnya.
Ke depannya, jika inflasi rendah, maka secara historis pasar obligasi juga berangsur membaik. Prediksi membaiknya defisit neraca transaksi berjalan juga bisa berdampak positif bagi pasar obligasi.
"Memang kalau kita bicara yield, yieldnya sudah menarik. Buat investor asing, dia akan melihat currency risknya. Kalau currency risk sudah membaik tentu inflow itu kita harapkan masih akan masuk di tahun 2014," tutupnya.

No comments:

Post a Comment