Tuesday 26 November 2013

Kualitas Uang Rupiah akan sama dengan Kualitas Uang Dollar

Info Berita Terhangat - Indonesia segera memiliki uang rupiah baru bernama uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Uang rupiah yang beredar tak akan lagi 'bermerek' Bank Indonesia (BI).

Sempat tarik menarik antara BI dan pemerintah ketika itu, uang rupiah NKRI yang baru ini ternyata mengikuti dolar AS.

Anggota Komisi XI DPR-RI Achsanul Qasasi mengatakan dalam pembahasan RUU Mata Uang ketika itu ada hal-hal khusus yang harus disepakati oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan BI.

Poin pertama, lanjut Achsanul adalah mengenai masalah penandatanganan dalam sebuah uang. Menurut Achsanul, BI dan Kemenkeu alot sekali menemukan jalan tengah mengenai penandatanganan sebuah mata uang.

"DPR sendiri tidak ada masalah, mau berbarengan atau salah satu dari BI atau Kemenkeu yang akan tanda tangan, itu tidak masalah. Akhirnya diputuskan memakai tanda tangan pemerintah. Seperti dolar," tutur Achsanul kepada detikFinance, Selasa (26/11/2013).

Seperti diketahui, dolar AS membubuhi tanda tangan Menteri Keuangannya. Achsanul melanjutkan, poin kedua yakni penulisan pencetakan dalam mata uang rupiah yang saat ini tertulis 'Bank Indonesia dan Nominalnya'. Menurut Achsanul, parlemen mengharapkan nantinya dalam sebuah uang rupiah akan bertuliskan 'Mata Uang Rupiah Negara Kesatuan Republik Indonesia'.

"Ini juga telah disepakati. Jadi bukan Bank Indonesia saja, tapi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Seperti dolar AS saja kan bukan bertuliskan The Federal Reserve," ungkap Achsanul lagi.

No comments:

Post a Comment